Fotografi Perjalanan : Wisata Dieng di Waktu Padat

Bagaimana cara memulai fotografi perjalanan? Pertanyaan ini sering muncul ketika kita sedang berada di tempat wisata tapi rancu tentang tujuan awal kita bepergian. Apakah kita sedang perjalanan untuk berlibur saja atau memang ditujukan untuk berburu foto selama perjalanan. Perbedaannya hanyalah terletak pada jumlah lokasi yang kita datangi dan alokasi waktu yang kita buat perlokasi dalam perjalanan kita. Hal ini terkadang sangat membingungkan terkait hal apa saja yang seharusnya kita potret. Kejadian semacam ini dikarenakan kita kurang fokus atau kita kekurangan referensi terkait tempat wisata yang kita tuju tersebut. Untuk itu, informasi tentang tempat wisata sangatlah penting kita ketahui sebelum keberangkatan dan menjadi bekal yang sangat penting.

Sembari mengeshare kan trik untuk permasalah diatas, kami akan langsung memberikan contoh sebuah perjalanan yang menurut kami menarik untuk anda coba. Untuk memulai semua itu tidak ada salahnya kita berpedoman pada 5W + 1 H. Karena rumusan dalam bahasa Indonesia itu sedikit banyak membantu kita agar tujuan kita sangatlah jelas.
Here you are !!

Saat itu 31 Juli 2014, mulai perjalanan Jogja-Wonosobo.




perjalanan melewati kebun teh, lumayan. ISO 800


Where? (dimana kita akan pergi, mau hunting foto dimana, berapa lama perjalanan, cari foto yang khas disana) -  nice, hari itu kuta akan pergi ke puncak dieng untuk mengisi hari libur. Jelas selain pemandangan gunung yang menarik, yang khas dari dieng adalah kawah –kawahnya yang banyak dan telaga warna nya yang lumayan terkenal.


Gunung, nice pict. dengan ISO 800

What? (apa saja yang dipotret? Ketertarikan lokasi menjadi sasaran utama dari perjalanan kita.) – good, di Dieng sangat terkenal dengan wisata alam nya yang jarang ditemui di daerah lain di Indonesia. Seperti halnya desa tertinggi di Indonesia dan lain sebagainya.


Telaga Warna pagi hari. ISO 800


ISO 800

When ? (kapan momen tersebut enak dilihat atau waktu kapan kita dapat mengambil gambar yang terbaik? Hal ini sangat tergantung pada persiapan settingan kamera kita sebelum melakukan hunting)- Dieng sangat terkenal dengan cuacanya yang sejuk dan sun rise nya di Si kunir yang sangat terkenal, pagi hari sangat direkomendasikan buat anda yang tertarik kesana.

Who? (siapa yang kita potret disana?) – karena ini liburan keluarga maka, saya utamakan obyek keluarga yang kita jadikan model dalam perjalanan kali ini.


Brother. ISO 400


Parents . ISO 800

Why? (Pertanyaan ini memberikan pemaknaan yang kuat pada foto kita, kenapa mamilih lokasi ini, kenapa memilih obyek ini, enapa memilih waktu sekarang. Tujaunnya adalah mebentuk visual dalam gambar yang kita potret) – alasan yang simple ketika liburan bersama keluarga ke tempat yan relatif  belum pernah dikunjungi sebelumnya .


Kawah si Kidang. ISO 800


 Kawah si Kidang. ISO 800


How? (Bagaimana cara kita melakukan itu semua?. Mulailah dengan persiapan peralatan foto kita seperti kamera dan kelengkapannya dan jangan lupa perlengkapan pribadi- Dieng kota yang sejuk, bagi anda yang terkena gejala asma diharapkan sangat memperhatikan kondisi anda dengan selalu siap dengan obat pribadi dan lain sebagainya agar semua bisa berjalan lancar.


Terimakasih guest,



You Might Also Like

0 komentar