Masa depan : Apakah yang dimaksud dengan sukses ?

  • Senin, September 01, 2014
  • By aminhoki
  • 0 Comments




Mayoritas dari kita semua mungkin setuju dengan pendapat apabila kita ingin sukses dimasa depan paling tidak kita harus mencontoh orang yang telah sukses sebelumnya sesuai bidang yang kita ingin geluti. Salah satu cara yang dilakukan oleh kebanyakan orang sukses itu adalah dengan menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya. Itulah yang mendasari pembuatan coretan ini.


Hampir semua orang pasti menginginkan agar bisa sekolah di suatu perguruan tinggi tertentu. Baik itu meneruskan S1, S2 atau bahkan S3. Banyak hal yang harus dikorbankan untuk bisa mencapai keinginan tersebut. Mulai dari faktor teknis hingga faktor non teknis. Mulai dari masuk di bimbingan belajar tertentu yang memakan biaya yang tidak sedikit , hingga tidak sedikit pula yang datang di orang ‘pinter’ supaya cita-cita bersekolah di perguruan tinggi yang diinginkannya bisa tercapai. Dari yang impossible menjadi possible. Sepertinya semua cara adalah halal baginya.


Sayangnya tidak ada yang bisa menjamin kesuksesan itu. Sukses itu semu, hanya segelintir orang yang mau berusaha yang bisa optimis untuk bisa merasakan sukses tersebut di masa depan. Setelah diterima di perguruan tinggi tersebut tidak menjamin kita untuk bisa sukses di masa depan. Untuk bisa sukses atau berhasil tentunya harus diikuti follow up dari usaha yang sudah kita lakukan selama itu. Tidak banyak dari kita semua yang merasakan ke’galau’an setelah diterima di perguruan tinggi.

Di sini penulis ingin berbagi tentang mindset dari arti kata sukses tersebut dikalangan luas. Setelah kita cermati lebih dalam, sukses itu ternyata bukanlah sebuah tujuan akhir. Hanya sebuah opini dari jawaban dari sebuah pertanyaan yang menanyakan tentang bagaimana sih orang sukses itu? Jawaban dari setiap orang dari permasalahan itu tentulah berbeda-beda karena sifat relatif dari pertanyaan tersebut.


Sukses ternyata bukanlah sebuah akhir dari perjalanan. Orang yang telah mencapai tujuan yang diinginkannya tentunya tidak akan terus diam dan merasakan kebahagiaan seterusnya. Namun, mereka akan berusaha lebih gigih untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan apa yang telah diraihnya. Sebagai contoh, ada orang yang bercita-cita ingin menjadi seorang dokter di masa depannya kelak. Apakah orang tersebut akan diam setelah cita-citanya menjadi dokter telah tercapai? Tentu saja tidak.





Dari sini lah kita akan mengambil kesimpulan bahwa sesungguhnya sukses itu bukanlah akhir dari tujuan hidup manusia. Sukses itu adalah kumpulan proses dari langkah- langkah yang kita jalani.






"Bahasa sederhana dari kesuksesan adalah ketika Anda bisa tidur di malam hari dan bangun di pagi hari, dan di antara pagi hingga malam tersebut Anda bisa melakukan hal-hal yang anda inginkan. "


Orang yang mengalami sukses hanyalah kalangan minoritas. Apabila anda masih berada dalam wilayah mayoritas dalam hal usaha yang dilakukan, maka bisa dipastikan sangat sulit memperoleh sukses tersebut. Jadilah yang berbeda dari yang lain, berani menjadi minoritas dan mulailah rasakan hasilnya.





Karena tujuan sesungguhnya dari manusia hidup adalah BAHAGIA. Sukses hanyalah sebuah proses untuk mendapatkan kebahagiaan itu.  Next time mungkin kita akan bahas masalah ini.


Thanks a lot



You Might Also Like

0 komentar