Equipment : Lensa Prime (Canon Fix 50mm f/1.8)

Mungkin terlalu asing bagi pemula pecinta fotografi untuk mengerti atau paling tidak tahu apa itu lensa prime. Apa itu lensa prime atau lensa fixed? Lensa prime adalah lensa yang hanya memiliki satu focal length. Contoh lensa prime adalah lensa Canon 50mm f/1.8, Nikon 35mm f/1.4G, Canon EF 20mm f/2.8 atau lensa Tamron 90mm f/2.8 Macro.

lensa prime

Semua lensa yang hanya memiliki satu focal length tunggal disebut lensa prime atau fixed, sebagai kebalikan dari lensa zoom yang memiliki banyak titik focal length. Jika lensa prime hanya memiliki satu focal length sementara lensa zoom memiliki banyak focal length, lalu apa saja kelebihannya?

Beberapa Keistimewaan Lensa Prime

Beberapa sifat dibawah ini merupakan sebuah generalisasi, karena ada lensa prime tertentu yang mungkin cacat atau memang kualitasnya tidak sesuai harapan atau harganya lebih mahal. Namun mayoritas lensa prime menyandang sifat-sifat berikut ini:

  1. Ukuran dan Berat, lensa prime memiliki ukuran fisik yang kecil, ringan dan lebih kompak. Dengan hanya memiliki satu titik focal length, maka lensa prime tidak harus memiliki konstruksi mekanis yang njlimet sehingga bentuk dan ukurannya lebih efisien. 
  2. Kualitas, lensa prime cenderung memiliki kualitas optik yang sangat bagus. Produsen membuat lensa prime dan hanya harus berfokus bagaimana menghasilkan kualitas gambar yang paling bagus di focal length tersebut. 
  3. Harga, lensa prime biasanya lebih terjangkau secara harga karena memiliki konstruksi dan mekanisme lebih simpel dibandingkan lensa zoom. Tidak perlu elemen bergerak untuk zoom in aoat zoom out. 
  4. Lensa Cepat, lensa prime biasanya memiliki aperture maksimal yang sangat lebar sehingga mampu mengumpulkan banyak cahaya. Kualitas inilah yang membuat lensa prime disebut lensa cepat karena kita bisa menggunakan shutter speed tinggi saat memaksimalkan aperture. Aperture lebar juga membuat viewfinder lebih cerah. 
  5. Bokeh. Salah satu karakteristik paling diburu dari lensa prime adalah kualitas bokeh yang dihasilkan lensa ini. Karena memiliki aperture maksimal yang besar, maka kualitas bokeh akan makin oke.
  6. Zoom Dengan Kaki, lensa prime memacu kita untuk kreatif. Dengan tidak adanya fitur zoom, maka kita dipaksa melangkahkan kaki dan berpikir lebih keras saat mengkomposisi sebuah foto. Banyak yang berargumen bahwa ini bisa memacu kreatifitas kita saat memotret.


review : keberadaan lensa prime atau fix ini biasanya banyak digunakan para pecinta fotografi model atau gambar-fambar bokeh. ketrampilan meletakkan atau memposisikan diri dalam mengambil gambar sangat penting ketika menggunakan jenis lensa seperti ini.

Tentang Canon fix 50mm f/1.8

Lensa jenis ini bisa dibilang lensa prime atau fix termurah yang pernah dikeluarkan bran Canon pada saat ini. Harganya yang berada pada kisaran 1 jutaan membuat lensa ii lumayan laris dipasaran. Harganya yang terjangkau dan pemakaiannya yang terbilang mudah belum lagi hasil gambarnya yang tidak kalah jauh dengan lensa fix yang berada diatasnya membuat lensa ini digemari banyak kalangan. Biasanya pemula yang menginginkan gambar bokeh optimal dan terjangkau akan memakai atau menjatuhkan pilihan ke lensa ini.

Untuk lebih detailnya dari lensa ini akan diulas sebagai berikut :

Canon Fix 50mm f/1.8


Jangan tertipu dengan harganya yang murah, karena lensa ini mampu menghasilkan gambar yang tajam dan sangat baik digunakan dalam kondisi minim cahaya karena memiliki f/1.8. Lensa ini pertama kali diproduksi tahun 1991 menggantikan lensa pendahulunya yakni canon 50mm f/1.8 yang tidak diproduksi lagi pada tahun 1990. 

Lensa ini sangat cocok digunakan untuk fotografi portrait pada kamera APSC karena crop factor, focal length yang dihasilkan pada kisaran 80mm, dan masuk dalam range medium telephoto. Dengan bobot hanya 130g, lensa ini merupakan lensa ter ringan jajaran lensa EF canon. Lensa ini menggunakan Guassian Optik yang dapat menghasilkan fokus yang tajam dan detail namun sayangnya Fitur Auto Fokus lensa ini terbilang agak lambat dan terdengar cukup berisik terutama dalam kondisi kurang cahaya. Fokus manualnya pun berbeda yakni terletak dibagian paling luar/paling depan lensa dengan bentuk cincin yang agak kecil(seperti ditunjukkan gambar) sehingga agak sulit dioperasikan. Bodi yang terbuat dari plastik merupakan kekurangan lain dari lensa ini, sehingga kita harus berhati-hati menjaganya terutama dari benturan-benturan keras. Hal ini bisa dimaklumi, karena bodi plastik inilah yang membuat harganya murah, dengan kualitas elemen-elemen lensa yang tetap baik.


Dengan bukaan aperture yang lebar yakni 1.8 lensa ini memiliki Depth of Field yang sangat sempit dan menghasilkan bokeh yang baik yang tentunya lebih baik dibanding lensa zoom 18-55mm. Walaupun tidak dilengkapi dengan fitur IS(Image Stabilization) lensa ini terbilang sangat mudah dioperasikan(tanpa tripod) dan jarang mendapatkan gambar yang buram.

Dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan/kekurangan yang dimiliki oleh lensa canon 50mm f1.8 saya pribadi menyimpulkan bahwa lensa ini adalah lensa yang sangat layak untuk dimiliki, bahkan berbagai situs review lensa online menyimpulkan bahwa lensa ini adalah lensa yang memuaskan dan forum online yang memberikan review positif bahkan mereka menyebutnya dengan julukan “nifty fifty” dan “fantastic plastic”.


selamat mencoba.



You Might Also Like

0 komentar