Tata Cahaya – Cahaya Belakang (Foto Siluet)

Suasana sore hari terasa sangat romantis apabila diperlakuan sebagaimana mestinya. Estetika dari suasana sore terekam ketika matahari benar-benar berubah warnanya menjadi merah bata dan kondisi tersebuta tidaklah berlangsung lama. Mengabadikan momen ini dengan komposisi yang pas di mata akan membutuhkan ketrampilan tangan yang dituntut relatif cepat. Setiap momen turunnya matahari akan memberikan makna yang berbeda apabila kita merekamnya dengan kondisi yang benar.

Cahaya belakang adalah sumber cahaya pada fotografi yang berasal dari belakang obyek atau tepatnya berada tepat di depan fotografer. Pada dasarnya, pemahaman cahaya belakang ini mirip dengan pencahayaan pada pementasan wayang kulit. Di mana kita melihat panggung yang dicahayai dari belakang, sehingga menampilkan cahaya siluet dari obyek yang dilemparkan di layar.

Untuk menghasilkan gambar yang demikian kunci utamanya hanyalah terletak pada pengaturan kamera. Pengaturan cahaya yan minimal dan ditambah dengan ISO minimal akan memberikan efek yang bagus dan jelas dari gambar ynag kita ambil. Sedikit masukan, sebaiknya jangan memotret sumber cahaya yang kuat secara frontal. Perlu diingat, bahwa cahaya matahari yang diteruskan ke sensor, pada titik fokus tertentu bisa membakar sensor. Usahakan memotret dilakukan pada saat sumber cahaya matahari tidak terlalu tinggi. Saat yang baik untuk keluar rumah dan berlatih teknik ini adalah sebelum pukul 8 pagi dan setelah pukul 4 sore.

Berikut adalah beberapa foto dengan aksi siluet :

Dharma in Actoin.
ISO 400. Shutter 1/800.
Lokasi Audiotorium UNY


Indahnya Jogjaku.
ISO 250. Shutter 1/800.
Lokasi Wisma Carollina Parangtritis

Talent : Dimas Angga
ISO 400. Shutter 1/800
Kaleidoskop HIMATIKA 2014

Talent : Ayi Umar Nawawi
ISO 400. Shutter 1/800

Kuta Bali Indonesia.
ISO 400. Shutter 1/1000
Kurang begitu menunjukkan kesiluetan dari obyek.

Kuta Bali
Gambar berikut juga kurang kuat siluetnya



Selamat mencoba untuk teknik ini, semoga bisa membentu.


with pleasure,



You Might Also Like

0 komentar