BOKEH (lagi)

Bokeh adalah kata benda yang berasal dari bahasa Jepang yang artinya area tidak fokus dalam suatu gambar atau yang lazim kita sebut dengan blur. Bokeh tidak harus berbentuk bulat atau polygon, semua area tidak fokus/blur juga disebut dengan bokeh. Ada cara sederhana untuk memperkirakan bagaimana kira-kira tampilan bokeh pada gambar yang akan dihasilkan yakni dengan membelalakkan mata selebar-lebarnya, sehingga pandangan kita akan blur.(sedikit mengutip dari http://askthephotographer.com/2014/04/mendapatkan-bokeh-yang-indah/ )

Banyak faktor yang menyebabkan hasil bokeh anda maksimal. berikut saya uraikan :
  1. Lensa. Gunakan lensa yang berkualitas bagus. Biasanya yang memiliki angka F besar (1/1.8 atau sejenisnya). Biasanya angka F besar kita dapatkan pada lensa Fix. NAmun tidak menutupi kemungkinan juga kita bisa menggunakan lensa zoom untuk bokeh yang maksimal pula.
  2. Gunakan bukaan paling besar pada lensa. tips ini lah yang bakal menentukan kualitas bokeh anda Gunakan pada bukaan F/1.8 atau F/2. Namu pabila anda belum memiliki lensa berkemampuan demikian, bisa menggunakan bukaan terbesar pada lensa tersebut.
  3. Mendekatlah ke Objek. Jarak objek sangat mempengaruhi kualitas foto anda. Dekatlah objek sehingga fokus yang tajam akan berada pada objek tersebut. Buatlah jarak yang signifikant dengan background yang akan kita bokehkan. Untuk ensa zoom jangan lupa untuk menggunakan zoom maksu\imal supaya bokeh yang didapatkan juga maksimal.
  4. Gunakan Tripod. Apabila jumlah cahaya tidak mencukupi atau katakannlah shutter kita mendekati 1 detik, maka tidak ada salahnya kita meggunakan tripod untuk menstabilkan kamera kita.
  5.  Hindari Backlight. Jangan sampai objek pada foto kita malah menjadi geap karena cahaya belakang lebih terang, maka bokeh gagal. Gunakan perasaan kita daam mengambil setiap gambar.

Berikut hasil yang saya dapatkan :

Imam MK
ISO 1000, F/1.8, SS menyesuaikan Tripod dan cahaya HP
yang menjadi sasaran saya bokeh adalah cahaya rumah yang jauh.

Waisak Borobudur
ISO 800, F/2, SS menyesuaikan Tripod
Banyak lampion yang diterbangkan tapi saya memilih satu ampion besar untuk saya fokuskan dan yang lainnya saya blurkan.

FKY 2 in BNW
ISO 1000, F/1.8, SS menyesuaikan, tanpa Tri[pod.

Ni Luh
ISO 1000, F/1.8, SS menyesuaikan
kamera saya letakkan pada meja makan dan saya mengambil objek dengan background ampu kota Jogja.

Rahmad H
ISO 1000, F/1.8, SS menyesuaikan tanpa Tripod
alkid di malam hari .

Lazuardi
ISO 200, F/1.8, SS menyesuaikan
yang menjadi sasaran saya bokeh adalah bunga berwarna ungu. Dalam foto ini saya mendekatkan bunga tepat di depan kamera saya dan memilih fokus di objek jauh sehingga bisa membentuk bingkai pada foto saya.


Semoga bisa membantu :)








You Might Also Like

0 komentar