Hijab Foto

Yudita Rasma
 ISO 1000, F/2, SS menyesuaikan
Model - Sesuatu yang 'wah' dan menjadi pusat perhatian bagi kebanyakan orang. Begitulah mindset orang ketoka medegar kata moel dalam dunia seni visual. Kali ini saya sedikit terusik atau tertarik dengan model yang berhijab. Modern ini banyak orang berlomba-lomba dalam memperbaiki penampilan menjadi lebih islami (berhijab). Usut punya usut ternyata menurut saya trend itulah yang menjadi trending dalam dunia fashion untuk remaja saat ini. Banyak artis yang rela keluar dari ranahnya dan kini beralih menjadi designer ataupun perancang baju muslimah yang lebih menjanjikan.


Islam tidak memberi ruang bagi kaum wanita untuk mengkomersialkan kecantikan mereka. Mereka tidak boleh berkecimpung dalam profesi yang tidak memperkerjakan kemampuan dan keterampilan, melainkan sekedar mengeksploitasi kecantikan dan aspek feminitas mereka. Dengan kata lain, mereka tidak boleh digaji karena memamerkan keindahan rambut, tubuh, gaya, lenggak-lenggok, senyuman yang menawan, wajah yang cantik, pakaian yang menarik, suara yang menggoda, dan sebagainya. Semua itu haram untuk dikomersialkan, dan haram hukumnya menyewa seluruh “asset” yang seperti itu.
Dalam kitab An Nidzom Al Ijtima'iy, Taqiyunddin An Nabhani menyatakan :
Islam melarang pria dan wanita untuk terjun dalam segala bentuk profesi yang membahayakan akhlak atau yang dapat merusak masyarakat. Maka dari itu wanita tidak boleh berkecimpung dalam segala bentuk pekerjaan yang bermaksud untuk memperkerjakan aspek femilitas.
Diriwayatkan dari Ra'fi'ah, ia menuturkan :

"Nabi SAW telah melarang kami dalam pekerjaan seorang pelayan wanita kecuali yang dikerjakan dengan kedua tangannya." Beliau bersabda, " Begini ( dia kerjakan ) dengan jari-jemarinya seperti membuat roti, memintal, ataupun menenun." ( HR Ahmad ).
Dengan demikian, seorang wanita dilarang bekerja di toko yang hanya sekedar untuk menarik pelanggan atau bekerja di kantor-kantor diplomatik, konsulat dan sejenisnya dengan maksud untuk memanfaatkan unsur menariknya sebagai wanita dalam rangka mencapai tujuan-tujuan politik. Wanita juga dilarang bekerja sebagai pramugari di pesawat-pesawat terbang dan pekerjaan-pekerjaan lainnya yang mengeksploitasi unsur feminitasnya"[1].
in My Opini
Memang benar semua yang diomongin di atas adalah asset terbesar wanita. Namun berkaitan dengan fotografi semua akan kembali kepada si pelaku foto. Untuk apa sebenarnya foto tersebut dibuat. Dengan wajah yang menawan dan pribadi yang baik seorang model muslimah bisa menjadi teladan untuk orang lain lewat fotografi. 
Mungkin lebih berkomentar tentang sepantasnya saja seorang model hijab dalam berpose. Banyak usaha yang mengandung unsur islam yang harus diiklankan supaya mendapatkan minat yang besar dan wanita muslim baiklah yang bisa mengiklankan atau mengemas produk yang dibawanya sesuai dengan kaidah yang ada. Bukan semata-mata dilihat dari segi nafsunya saja.
Semoga semua bisa mengabil sisi baiknya dan sebijak-bijaknya.

happy sharing everyone :)

Yudita
 ISO 800, F/2, SS Menyesuaikan

Yudita 
ISO 800, F/2, SS Menyesuaikan

Darwis
 ISO 800, F/2, SS Menyesuaikan

Yudita
 ISO 800, F/2, SS Menyesuaikan

Yudita
 ISO 800, F/2, SS Menyesuaikan

Happy Sharring :))






You Might Also Like

0 komentar