Fotografi Perjalanan : Bokeh di Candi Plaosan



Wisata budaya yang ada di Yogyakarta memang tidak pernah ada habisnya. Peninggalan sejarah yang tiba-tiba hits di jaman sekarang mulai banyak dilirik orang dari segi bisnis nya. Pengelolaan tempat wisata mulai diperhatikan supaya minat akan wisata budaya bisa meningkat.

Candi Plaosan, salah satu tempat wisata budaya yang ada di DIY bagian timur. Candi ini adalah peninggalan kebudayaan hindu pada masa nya. Tempat nya cukup menarik secara visual hanya saja runtuhan puing candi akibat gempa Jogja di tahun 2006 masih belum selesai dalam tahap renovasinya.

Emmmm perjalanan kali ini saya ingin sharing tentang apa yang saya lakukan di tempat ini, apalagi kalau tidak memotret bangunan candi. Kebanyakan memotret pemandangan atau view bagus dengan teknik fotografi depth of field yaitu dengan mengecilkan diafragma agar jangakauan fokus lebih luas. Namun yang saya lakukan di sini berkebalikan apa yang orang lain lakukan. Saya mencoba teknik bokeh (diafragma besar). Teknik ini pernah saya share kan secara detail di Bokeh (lagi)

Candi yang memiliki banyak detail di bagian sisi berusaha saya perlihatkan. Salah satu hasilnya adalah



Plaosan
ISO 100; F1/2,5; SS menyesuaikan karena menggunakan mode AV
Canon EOS 50D

Mode monocrome saya pilih agar terkesan tua nya lebihh. Selain candi di atas, saya juga memotret teman saya dengan mengeblur kan bunga yang ada di sekitaran candi.

berikut foto yang lainnya :

Lazuardi
ISO 100; F1/1,8; SS menyesuaikan karena menggunakan mode AV
Canon EOS 50D

Plaosan
ISO 100; F1/2,5; SS menyesuaikan karena menggunakan mode AV
Canon EOS 50D

Plaosan
ISO 100; F1/2,5; SS menyesuaikan karena menggunakan mode AV
Canon EOS 50D



Thanks



You Might Also Like

0 komentar