Membuat Foto Profil di Buku Tahunan

Debi Forina
ISO 100 F 1/3.2 SS menyesuaikan karena make mode Av
Lokasi : Hall Tenis Gowok

Image seseorang atau kebanyakan orang tentang buku tahunan adalah sesuatu yang mewakili momentum tertentu dan sifatnya memberikan kesan paling yang digambarkan dalam sebuah sebuah buku. Momentum yang dimaksut adalah rentetan kenangan dalam kurun beberapa waktu tertentu. (bahasanya hahaha)

Tapi lupakan tentang definisi kaku di atas yang paling penting adalah bagaimana memberikan positif kepada pembaca buku tahunan tersebut. Karena saking pentingnya atau saking gengsinya buku tahunan ini, tidak sedikit yang rela mempersiapkan foto dari jauh-jauh hari demi memberikan hasil yang pas. Logis saja, foto sekali di lihat nya sampe besok gatau kapan rusak nya. Kenangan soalnya haha (agak baper kali ya).

Seorang guru SMA saya juga pernah bilang begini, "foto nya orang sukses itu bisa diliat dari foto kenangan nya dulu". Gilak kan, senyum atau engga nya orang aja waktu di foto buat ijasah bisa di jadikan acuan sukses atau engga nya dia. hahaha . Tenang-tenang semuanya, jangan berfikiran mitos dulu mungkin guru saya menilai orang yang senyum itu melihatkan bahwa dia senang akan sekolah nya dan menikmati semua perjalanan sewaktu di sekolah. Dengan dia menikmati proses maka langkah optimis akan dia buat ketika sesudah lulus. Selain itu senyum kan juga lebih menarik dilihat kan, lebih enak di ajak ngobrol kesannya, welcome gt orang nya hahaha. Jadi apa sih susahnya senyum aja buat masa depan yang lebih bagus hahaha.

Latar belakanganya nulis ini tuh gini, waktu itu saya diminta temen saya untuk memotret adiknya karena dia tidak ikut foto buku tahunan bersama yang lain.  Ya singkatnya saya merasakan dan berfikir apa sih yang orang butuhkan ketika melihat buku tahunan ini. Namanya Debi, dia berfikir akan menampilkan yang terbaik yang dia punya walopun harus menjadi beda. Saya salut aja sama anak nya yang sampe segitunya. Makannya saya pengen berbagi kepada kalian tentang apa yang saya foto kemaren.

Dalam artikel ini saya pengen berbagi sedikit tips kepada fotografer dan kepada model (orang yang dijadikan obyek) bagaimana menurut saya seharusnya mereka. 

Tips untuk model, karena buku tahunan ini hanya sekali seumur hidup dengan teman yang sama maka tidak ada salahnya kalian mempersiapkan diri sebaik mungkin. Tidak hanya secara fisik yang harus kelihatan cantik atau ganteng melainkan juga penataan mood kalian. Disini saya ga mengharuskan kalian untuk menjadi orang lain supaya kelihatan baik tapi ada baiknya tunjukan yang terbaik apa yang kalian punya karena biar bagaimanapun yang akan melihat pasti senang ketika mood anda sedang baik. Tidak ada yang harus secara khusus di perlihatkan hanya saja masalah mood yang baik. Senyum yang lepas dan jangan di buat-buat akan menonjolkan kesan yang baik dalam waktu yang lama. Senyum yang di buat-buat akan membuat bosan si penikmat buku. Ciri senyum yang bagus adalah mulut anda akan senyum seperti biasanya tetapi dagu anda akan sdikit maju di banding ketika anda tidak senyum.


Tips untuk fotografer, walopun saya belum mahir bener tentang dunia seni visual yang satu ini tapi saya beranggapan bahwa karakter seseorang dan keistimeaan seseorang akan terlihat bagus ketika dia di 'detail' kan. Untuk membuat foto profie, buat foto yang close up  apabila perlu dekati model sampe yang benar benar jelas. Buku tahunan adalah media pengingat tentang masa lalu. Oleh karena nya tidak ada kata lain selain kita harus menyajikan yang detail dari kondisi seseorang.
Kalahkan nafsu untuk menonjolkan bacground walopun itu terlihat menarik. Bukan background yang pembaca atau penikmat footo butuhkan tapi kenampakan diri seseorang ketika masih bersama mereka di sebuah masa yang lampau. Kemas sedramatik mjungkin yang kamu bisa.
Tekniknya ya selalu gunakan bukaan yang lebar agar detail personal bisa didapat dengan maksimal.

Selain itu semua masalah angle juga akan mempengaruhi hasil foto. Langsung aja berikut hasil foto saya. BTW kalau mau ada order ke saya juga boleh loh hahaha.      


Debi Forina
ISO 100 F 1/3.2 SS menyesuaikan karena make mode Av
Lokasi : Hall Tenis Gowok


Rahmada Putri S
ISO 100 F 1/2.5 SS menyesuaikan karena make mode Av
Lokasi : MIPA UNY


Azizah Ratna
ISO 100 F 1/2.5 SS menyesuaikan karena make mode Av
Lokasi : MIPA UNY


Azizah Ratna
ISO 100 F 1/2.5 SS menyesuaikan karena make mode Av
Lokasi : MIPA UNY

Oke semoga membantu ya guys,  hahaha


Happy Sharing 



You Might Also Like

2 komentar

  1. Masya Alloh makin keren aja suhu foto-fotonya :D

    BalasHapus
  2. Istighfar dulu mbak cakep. Ga lebih keren dr situ kok. Haha

    Mbak mbok kamu nulis tentang motivasi hidup gt dong. Waiting dah, kayak nya bisa sampe ke pembaca deh kalau kamu yang nulis haha

    BalasHapus