Budaya Indonesia dalam Fotografi

Indonesia mempunyai ragam budaya yang sangat unik dan berbeda-beda. Perbedaan dan keunikan itulah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi siapapun penikmat budaya. Baik dari segi makna dari setiap budaya yang di sajikan ataupun bahkan hanya sekedar kenampakan visual nya saja. 

Dewasa ini krisis budaya memang santer dijadikan topik hangat untuk dibahas. Namun, krisisnya sempat tertolong dengan hadirnya sosmed yang cenderung menampilkan sisi visual macam instagram dan facebook, kemasan dari budaya kita sendiri bisa menjadi lebih menarik untuk kaum muda.

Wiyaga
Di ambil dari penabuh Gamelan dalam pertunjukan Sendra Tari Ramayana
Secara visual, segala macam budaya akan mempunyai cerita tersendiri. Sekarang tinggal bagaimana kita mengemas budaya tersebut agar yang tidak melihat secara langsung pun ikut merasakan eufria nya. 

Di kesempatan kali ini saya sedikit tertarik untuk mengabadikan pertunjukan budaya ayng ada di Yogyakarata. Salah satu cara melstarikan budaya yaitu dengan dokumentasi sebaik mungkin agar bisa menjadi cerita untuk masa mendatang, selain kita harus benar-benar terjun untuk melestarikannya secara langsung.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah lupa akan budaya nya sendiri"


Banyak tantangan ketika berusaha mencari momentum yang tepat agar gambar dalam kamera juga bercerita seperti sebenarnya. Sabar dan selalu jeli terhadap setiap obyek aka menentukan hasil yang diinginkan. 

Berikut beberapa hasil foto saya, semoga berkenaan :)

Budayawan
Di ambil saat pertunjukan karnaval budaya di Malioboro, Yogyakarta

Young Culture
Di ambil saat pertunjukan karnaval budaya di Malioboro, Yogyakarta
Uncle
Di ambil saat pertunjukan karnaval budaya di Malioboro, Yogyakarta





Happy sharing :)



You Might Also Like

0 komentar