Human Interest : Pasar Beringharjo

  • Kamis, September 08, 2016
  • By aminhoki
  • 0 Comments

Salah satu pusat keramaian di Jogja yang menjadi tujuan orang untuk berbelanja barang khas Jogja adalah Pasar Beringharjo. Mulai dari pagi hingga sore jam 5, pasar ini tidak mengenal kata sepi. Belum lagi di tambah pengunjung baik itu dari yang asli domisili jogja maupun pengunjung dari luar daerah akan menuju pasar ini untuk memburu barang khas Jogja. Satu di antara nya yaitu Batik. Mulai dari batik kelas apapun bisa anda temui di pasar ini.

Sisi lain dari pasar ini adalah kehidupan sosial dari masyarakat yang sederhana. Ciri khas jogja yang kental dengan guyup rukun akan sangat jelas tergambar dari pasar ini. Interaksi di pasar yang tidak mengenal kelas sosial sangat terasa. Penjual dawet yang berada di samping persis dengan penjual batik pun bisa saling berinteraksi dengan baik, padahal kita tau antara dawet dengan batik adalah sesuatu yang seharusnya di beri jarak karena air dengan kain akan memberikan sesuatu yang merugikan. 

Oleh karena itu, bentuk interaksi yang sangat beraneka ragam itulah yang membuat Beringharjo selain menjadi pusat perdagangan juga menjadi salah satu tempat yang bagus untuk mengabadikan moment. Bawalah kamera dan lensa saja agar tidak terlalu ribet saat proses pengambilan gambar. Suasana pasar yang ramai dan kadang minim cahaya atau banyak nya cahaya yang berubah karena terlalu ramai menjadikan tantangan tersendiri. Lensa dengan bukaan besar akan memberikan detail fokus yang baik pada obyek yang kita maksud.

Berikut beberapa foto yang saya ambil di Pasar Beringharjo :



Penjual Dawet

ISO 100; F1/1,8; SS menyesuaikan karena menggunakan mode Av
Canon EOS 50D

Tukang Becak : Istirahat
ISO 100; F1/1,8; SS menyesuaikan karena menggunakan mode Av
Canon EOS 50D

Istirahat
ISO 100; F1/1,8; SS menyesuaikan karena menggunakan mode Av
Canon EOS 50D

You Might Also Like

0 komentar