Sedikit Trik untuk Membuat Foto Bokeh

Lensa yang paling cepat untuk fokus di dunia adalah Lensa mata,. Pernyataan tersebut mungkin akan banyak yang menyetujuinya. Namun bukan itu yang akan dipermasalahkan dalam ulasan kali ini. Berbicara soal fokus, dalam dunia fotografi hal tersebut erat kaitannya dalam pengelolaan estetika di dalamnya.

Gampangannya, untuk menghasilkan foto yang jelas maka akan ditunjukkan perbedaan mana sisi yang fokus dengan yang blur. Hal tersebut dilakukan agar makna dari hasil foto yang kita ambil menjadi lebih jelas apabila dilihat oleh para viewer. 

Bokeh adalah salah satu dari sekian banyak cara dalam memperindah hasil foto yang kita lakukan. Kami kurang begitu paham apakan dari segii istilah 'bokeh' itu sudah tepat dalam kamus  KBBI atau belum. whatever lah namun yang jelas dikalangan fotografer, Bokeh adalah teknik untuk membedakan obyek fokus dengan obyek lainnya dengan cara membuat bentuk pencahayaan seperti bangun datar, segi enam, segi lima dan lingkaran.

Untuk mengenai bentuk bokeh yang diinginkan seperti lingkaran dan sebagainya tersebut banyak yang berpendapat bahwa itu adalah efek dari lensa yang kita gunakan. Sedikit kutipan dari pendapat yang lainnya untuk bentuk segilima, anda dapat menggunakan Lensa fix 50 f1,4. Namun, jujur saja kami belum pernah mencoba untuk menggunakan lensa fix yang katanya bisa lebih mudah mendapatkan bokeh yang maksimal.

Dengan menggunakan lensa standart kit 1 pun kami telah mencobanya dan bisa membuat bokeh. Kami menyimpulkan selain dari lensa yang kita gunakan, untuk mebuat bokeh haruslah tepat dalam mensetting kamera yang kita gunakan.

Berikut adalah tips agar gambar dapat bokeh :

  1. Setting Kamera.  Pengaturan kamera haruslah tepat. Masalah penekanan saturation pada jenis pilihan mode juga harus diperhatikan. Menurut kami yang paling penting adalah saturation dan tone warna. Saran kami geserlah saturation menjadi plus 2 dan tone warna juga. Namun hal ini kembali pada feeling masing-masing
  2. Perbedaan Jarak. Jarak antara obyek yang akan dibuat jelas dan yang dibokehkan juga diperhatikan. Semakin jauh jaraknya maka hasil bokehannya akan sempurna dan akan banyak cahaya bidang datar.
  3. Feeling dalam Pengaturan Cahaya yang masuk. Bawalah kondisi kamera pada kondisi posisi terang yaitu lebih dari batas normal, sekitar plus 1. Dengan kondisi minus cahaya dan shutter yang lambat maka perlulah tripod juga

Untuk selebihnya kami menyarankan silahkan mencoba dan terus mencoba karena masalah settingan kamerajuga bergantung pada orangnya..

Berikut adalah beberapa hasil dari bokehan yang kami dapat :

Di atas Bukit Bintang.
Dengan ISO 200, shutter minimal, tripod.
Ms Paint masalah saturation

Malam Tahun Baru.
dengan ISO 200, shutter minimal dan dengan Tripod
Ms Paint

Demikian yang dapat saya share. semoga beruntung !!



You Might Also Like

2 komentar

  1. Kalian bertiga jadi fotografer sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga mbak erny.. cuma aku aja yang iseng ini wkwk.. kamu juga fotografer sekarang mabk :p haha

      Hapus